Bagaimana Mengalisa Keaslian Foto

Posted by

Untuk melakukan rekayasa foto yang benar-benar mirip dengan aslinya memang di butuhkan keahlian khusus, dalam hal ini image editing. keahlian dalam hal ini maksudnya mampu menyamarkan foto asli dan foto lain tampak mirip aslinya.

Sebuah foto bisa di sebut asli atau palsu dapat dilihat dari berbagai hal, seperti :

1. MetaData
     Meta Data adalah informasi yang tersimpan secara built in di dalam foto digital (embedeed). biasanya dalam MetaData akan berisi informaaasi mengenai jenis kamera yang di gunakan, resolusi, pocal length, tanggal pembuatan dan lain sebagainya. tapi MetaData tidak menjamin bahwa foto tsb asli.

2. Resolusi Foto
    jika kamera yg digunakan adalah jenis profesional, maka foto tersebut mengandung resolusi 255 dpi, sedangkan kamera digital biasa hanya memiliki resolusi 72 dpi. jika kita zoom beberapa kali maka bisa kita lihat perbedaan pixel-nya.


3. Grain dan noise
    Umumnya foto baik yang digital atau hasil scan, memiliki noise terutama pada daerah shadow (gelap). Noise atau grain ini timbul karena bit info tidak tertangkap kamera, sehingga software kamera mengkompensasi secara digital, umumnya secara interpolasi. Kamera yang berbeda tentu menghasilkan kompensasi yang berbeda. Untuk melihat dengan jelas, perhatikan foto pada channel masing-masing (RGB atau CMY). Biasanya yang kentara terjadi perbedaan jika foto merupakan suatu tempelan adalah di channel G (hijau) dan B (biru).

4. Mencari sambungan foto
    Bila sebuah foto dicangkok kedalam sebuah foto yang lain, tentu ada daerah sambungan. Ini efektif untuk gambar 'fake' hasil kerjaan orang-orang pemula. Biasanya foto yang di-fake dengan teknik tinggi sangat sulit mencari sambungannya karena kecanggihan Photoshop yang bisa menyamarkan sambungan sampai 255 step. Namun begitu, sering kali seorang ahli akan membuat kelalaian, misalnya pada daerah rambut, sambungan dagu, leher, dan sebagainya.



Langkah Mudah Analisa Foto Pakai JPGSnoop

Analisa keaslian foto memang terdengar sulit, jika dilakukan dengan cara visual. Ilmu komputer akan mencoba menganalisa keaslian sebuah foto. Guna membedakan foto asli dan palsu (hasil editan). Bahkan hanya dengan beberapa langkah sederhana.
Untuk melakukan analisa keaslian foto, ilmu komputer membutuhkan program bantuan. Program ini bisa sedot di menyan cloud: box or dropbox. Setelah mengunduh program tersebut,extract lalu ikuti langkah di bawah:
  1. Jalankan JPEGsnoop
  2. Pilih Full IDCT seperti pada gambar

    JPEGsnoop Analisa Keaslian Foto
  3. Klik File > Open image (browse lokasi gambar)
  4. Tunggu hingga proses identifikasi selesai


Berikut ini test dan hasilnya:
:
15062010%28001%29 Analisa Keaslian Foto
1. Foto asli 
150062010%28001%29 Analisa Keaslian Foto
2. Foto hasil editan

  1. Foto pertama (sebelum pengeditan)
 analisa+keaslian+foto Analisa Keaslian Foto

 2. Foto kedua (setelah pengeditan)
analisa%20foto%20asli%20atau%20palsu Analisa Keaslian Foto
  
Perlu diperhatikan, bahwa hasil kamera tidak selalu sesuai. Karena banyak handphone jenis baru yang belum tersimpan di database. Namun demikian, biasanya memiliki jenis meta data yang mirip dengan versi sebelumnya. (wangsit: ilmu-komputer.web & reza stmik)


Blog, Updated at: 5:23 PM

0 comments:

Post a Comment