Software Untuk Merekam Radio Streaming di PC

Posted by

Radio masih tetap eksis hingga saat ini, bahkan justru merambah dengan memanfaatkan koneksi internet sebagai media siarannya. Makin menjamurnya siaran-siaran radio online bukan tanpa sebab, sebagiannya karena cost yang lebih murah untuk membangunnya dan juga akses internet yang semakin merakyat. Di antara banyaknya radio online tersebut, kita tidak bisa mendengarkan semuanya sekaligus bukan? Bisa jadi, jadwal siaran tersebut bertabrakan dengan siaran lainnya atau dengan aktivitas kita ketika itu. Namun, di sisi lain kita tidak ingin melewatkan berbagai program-program siaran favorit kita berupa diskusi live, berita, kajian ilmu, talkshow, murattal Al-Qur’an dengan qari’ pilihan, atau siaran-siaran lainnya yang hanya diputar 1-2 kali saja.
Kali ini, kami akan memberikan tips aplikasi pilihan untuk komputer Anda, yang bisa Anda gunakan untuk merekam siaran radio online kesayangan anda sehingga Anda bisa menyimpannya dan mendengarkannya di waktu senggang anda.

Station Ripper

StationRipper tersedia dalam versi gratis dan berbayar.
  • Pada versi gratis memungkinkan Anda untuk merekam 2 siaran radio sekaligus. Anda juga bisa merekam Shoutcast audio dan video stream, iTunes radio, Podcast, Pandora, dan Last.fm.
  • Adapun pada versi berbayar, Anda bisa mendapatkan fitur kemampuan merekam 600 siaran radio secara simultan.
StationRipper juga menyediakan fitur “StationSniffer” untuk mendeteksi audio streaming secara otomatis pada website yang Anda buka untuk bisa Anda rekam.

Screamer Radio

Screamer Radio adalah aplikasi perekam radio online yang gratis dan portabel. Anda tidak tidak perlu menginstallnya. Tersedia ribuan preset radio yang bisa anda pilih dari berbagai negara dan berbagai bahasa yang terupdate dalam jangka waktu tertentu. Aplikasi ini sangat ringan, simpel, dan mudah dalam penggunaannya. Tersedia fitur encoding WMA dan AAC ke MP3, dan juga pilihan perekaman streaming file OGG ke MP3.

StreamWriter

Streamwriter adalah aplikasi perekam radio online atau audio streaming gratis dengan fitur sangat melimpah. Tersedia pilihan preset berbagai radio online, pilihan untuk merekam stasiun radio tertentu yang kita inginkan, tersedia audio player built-in, kemampuan menjadwal dan perekaman secara otomatis, pilihan kualitas audio, plilihan format file streaming yang kita rekam (MP3 dan AAC), dan juga fitur “blacklist” siaran radio yang tidak ingin kita rekam, serta “wishlist” siaran radio yang ingin kita rekam. Anda juga dapat membatasi kosumsi bandwidth internet streaming Anda agar kegiatan ber-internet kita tidak terganggu oleh perekaman streaming radio tersebut.
StreamWriter menu

RarmaRadio

Secara umum RarmaRadio memiliki fitur dasar yang tidak jauh berbeda dari Streamwriter. RarmaRadio memiliki navigasi menu yang lebih cantik dan lebih memudahkan. Rarmaradio menyediakan fitur tambahan internet browser, CD ripping, perekaman siaran TV online, dan pilihan format file perekaman audio yang lebih bervariasi (OGG, WMA dan AAC). Di antara aplikasi perekam radio online tersebut, menurut penilaian saya RarmaRadio adalah yang terbaik dan terlengkap.
RarmaRadio Menu
Demikian beberapa tips aplikasi pilihan perekam siaran radio online yang bisa Anda gunakan untuk merekam siaran radio kesayangan anda. Setiap aplikasi memiliki kelebihan masing-masing.
  • Saya sarankan Anda untuk menggunakan Screamer Radio jika anda ingin fitur yang simpel dan ringan.
  • Untuk kelengkapan fitur, StreamWriter atau Rarmaradio bisa menjadi pilihan anda.
Sumber: gasakan.com


Blog, Updated at: 5:35 AM

0 comments:

Post a Comment