Cara Membuat Blog

Posted by

Cara Awal Membuat Blog


Karena tutorial ini banyak menggunakan gambar screenshot, jika nanti gambarnya kecil atau gak keliatan, nt bisa memperbesar gambarnya dengan cara pencet CTRL + klik, nanti gambarnya akan muncul di tab baru browser nt.

Okee...gooo...

LANGKAH 1 : Siapin kopi, atau teh, rokok dan baca Bismillah dan shalawat kepada nabi :D

LANGKAH 2 : klik ini
nt akan sampai kepada halaman yang tampilannya seperti ini :


Lihat yang di pojok kanan atas yang gambarnya seperti ini,





 dan klik itu, dan kita pun akan memasuki LANGKAH KE 3


LANGKAH 3
Pehatikan screenshot berikut dan perhatikan yang dilingkari merah, itu adalah kolom yang wajib diisi: (Kalau gambarnya kurang keliatan nt bisa pencet CTRL+klik untuk memperbesarnya)


Isi data-data seperti yang ana lingkari dengan warna merah.

pada Nama ana mengisinya dengan "Blog" pada kotak kiri dan "Saya" pada kotak kanan, nt boleh mengisinya dengan apa saja, terserah.

pada Pilih Nama Pengguna Anda nt harus mengisinya dengan nama yang unique (artinya nama yang tidak boleh sama dengan yang lain), jika gagal berarti sudah ada orang yang mendaftarkan nama tsb sebelumnya, nt harus menggantinya dengan nama yang lain, bisa dengan alternatif, misalnya nama nt Ahmad, ketika ingin mendaftarkan nama "ahmad" dan gagal nt bisa menggantinya dengan alternatif lain, misalnya ahmadkeren@gmail.com, atau ahmad.keren@gmail.com atau ahmadjakarta@gmail.com atau ahmad1234@gmail.com. Pokoknya harus unique dan dengan menggunakan huruf kecil semua, tidak boleh ada spasi, Gmail  hanya bisa menggunakan 26 tuts, angka, dan 2 tuts, yaitu titik/dot dan strip/dash, tidak bisa dengan yang lainnya misal pake spasi, atau tanda % ^ " , ( ) # ! ^ & * ? / > < : ; " ' { [ } ] + =. Fungsi email ini nantinya akan digunakan sebagai login google ketika kita ingin mengupdate artikel/posting/entri atau membuka akun blog kita, jadi jangan sampai lupa, kalau perlu di catet.



pada Buat Sandi dan Konfirmasi Sandi Anda harus sama, fungsinya nanti adalah sama dengan Pilih Nama Pengguna Anda.Tanggal lahir isi terserah saja, sebelah kiri adalah tahun, ditengah adalah bulan, di sebelah kanan adalah tanggal, tetapi jika nt ingin menulis tanggal lahir asli nt juga tidak apa2. Selanjutnya masih pada halaman yang sama  :

Lihat yang ana lingkari dengan yang berwarna hijau, itu artinya tidak wajib diisi, jika nt ingin mengisi pun tidak apa2.



pada Email Anda Saat Ini isi dengan email kepunyaan nt yang lain yang masih aktif, mungkin nt  punya akun email di yahoo atau gmail, fungsinya nanti jika ingin login tetapi kelupaan passwordnya kita bisa minta konfirmasi dengan menggunakan email lama ini.



pada verifikasi isi huruf-huruf didalam kotak dengan menyesuaikan susunan huruf yang tampil secara acak diatasnya, harus sama.



pada Lokasi biasanya sudah default, jika belum silakan dipilih.

beri ceklist yang menjadi digit Saya menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google.

Jika sudah selesai klik Langkah Berikutnya, digit yang berwarna biru dengan tulisan putih. Jika berhasil nt akan diantarkan pada halaman yang tampilannya seperti ini.


LANGKAH 4

Selanjutnya anda akan diantarkan pada halaman berikut 

Pilih yang kiri atau yang kanan terserah nt, jika memilih Profil Google+ berarti nanti nt akan terhubung dengan jaringan Google+, tetapi jika ingin yang lebih simple pilih saja yang sebelah kanan. Dan lihat yang di pojok kanan, pilih Bahasa Indonesia.

Jika sudah kita akan melangkah ke LANGKAH SELANJUTNYA



LANGKAH 5 

 
Isi nama tampilan, fungsinya nanti akan menjadi tampilan nama admin seperti ini


Jika sudah klik Lanjutkan ke Blogger

dan sampailah kita di halaman berikut. Perhatikan dibawah ini yang ana tandai beri nomer


Nomer 1 adalah nama pengguna, seperti yang dijelaskan pada LANGKAH 5
Nomer 2 adalah digit untuk membuat blog.

Akun sudah selesai di daftarkan selanjutnya membuat blog.


LANGKAH 6

Klik yang nomer 2 pada gambar diatas (Blog Baru), maka akan muncul yang seperti ini. 



Isi keduanya (Judul dan Alamat)
Judul adalah Judul blog nt, dan alamat adalah alamat blog nt, lebih jelasnya lihat gambar berikutini adalah contoh ketika blognya sudah jadi nanti :

Yang di beri lingkaran warna merah adalah Alamat dan yang di beri lingkaran biru adalah JudulAlamat harus unique (tidak boleh samadengan alamat blog siapapun), artinya nt harus mempunyai alamat (url) yang tidak pernah ada yang memilikinya / mendaftarkannya sebelumnya. sedangkan judul bebas,tidak harus unique.

Lihat gambar berikut,


Lihat simbol yang berwarna kuning, itu adalah tanda bahwa alamat yang hendak di daftarkan sudah ada yang memilikinya sebelumnya, kita tidak bisa lagi mendaftarkan alamat (url) yang sama, artinya kita harus menggantinya dengan alamat (url) alternatif yang lain. Sekedar saran, jangan mencari url dengan satu kata yang familiar seperti islam.blogspot.com, sunnah.blogspot.com, taqwa.blogspot.com, dakwah.blogspot.com, indonesia.blogspot.com, bukan tidak bisa tetapi rasanya percuma saja karena alamat2 (url) itu sangat familiar (terkenal), kemungkinan kita mendapatkannya sangat kecil karena sudah keduluan di daftarkan orang sebelumnya, tetapi silakan coba deh, jika simbol yang keluar masih berwarna kuning berarti itu sudah ada yang punya.

Pilih alternatif lain saja jika tidak ketemu, misalnya kita ingin url blog kita adalah dakwah, tetapi karena http://dakwah.blogspot.com sudah ada yang mendaftarkan kita  bisa mencari alternatif lain misalnya http://tamandakwahku.blogspot.com, atau jika kita tertarik dengan kata sunnah kita bisa mencari alternatif lain misalnya http://pancaransunnah.blogpot.com, http://muliadengansunnah.blogspot.com atau bisa juga di beri tanda dash/strip http://mulia-dengan-sunnah.blogspot.com atau bisa juga dengan angka misalnya http://dakwah12345.blogspot.com, sedangkan karakter selain itu tidak bisa.  Seandainya kita sudah menemukan alamat yang memang belum ada yang memilikinya sebelumnya tanda nya akan menjadi berwarna biru seperti ini :


Template adalah tampilan blog nt nantinya, ada beberapa alternatif pilihan silakan pilih salah satunya. tetapi jika nt pinter dengan kode xml, pilihan ini di biarkan saja pada pilihan default, toh nanti akan di rubah juga. lalu klik Buat Blog. Dan nt akan sampai kepada halaman seperti ini :


Keterangan :
1. Adalah digit untuk membuat blog lagi jika nanti nt ingin membuat blog baru.
2. Adalah Judul blog nt (lihat LANGKAH 6)
3. Adalah digit untuk membuat tulisan/postingan baru
4. Adalah untuk melihat tampilan blog nt.

Jika ingin melihat blog nt silakan klik no 4, maka akan muncul tab baru di browser nt yaitu tampilan blog nt, dan Alhamdulillah blognya sudah jadi tetapi masih 'belum ada kehidupan' disana :D, ibarat sebuah lahan yang belum ditanami apapun. Sekarang balik lagi ke tab tadi dan klik nomer 3 seperti keterangan pada gambar diatas untuk memasuki step selanjutnya untuk membuat tulisan (posting/artikel/entri).

LANGKAH 7
 Nt akan sampai kepada halaman seperti ini :
klik Entri Baru.

Dan muncullah halaman seperti ini

 Ikuti langkah dan petunjuk seperti gambar dibawah ini


Tulis judul entri dan isinya dan pilih label untuk kategori artikelnya

 

Ketika digit label di klik otomatis label akan membuka sebuah kotak, isikan pilihan label didalamnya, jika labelnya hanya satu tulis apa adanya, contoh label misalnya : sholawat atau sunnah nabi, atau kata mutiara, tetapi jika labelnya lebih dari satu pisahkan dengan koma, label harus berkaitan dengan isi artikel.

Contoh label dan cara membuatnya adalah seperti ini, 


Jika label sudah dipilih klik selesai pada kolom label, otomatis kotak label akan menutup seperti semula.

Jika semua sudah selesai klik Publikasikan












Kita akan dibawa kembali kepada halaman seperti ini :



Lihat gambar diatas, jika ingin menambah artikel lagi tinggal klik Entri Baru digit yang berwarna orange yang dilingkari warna merah. Tetapi jika tidak atau besok2 saja nt tinggal klik LIHAT BLOG untuk melihat blog hasil buatan anda sendiri.

dan inilah hasilnya :

  
Alhamdulillahirabbil Alamin...

Jangan lupa berdakwah membantu perjuangan Sayyidina Muhammad Shalallahu Alayhi Wasallam melalui blognya, semoga setiap langkah2 kita selalu di ridhai Allah, amin..

Demikian tutorial awal membuat blog di blogpot pada kali ini.
Pada kesempatan lain insya Allah akan kita bahas tutorial lainnya..
Insha Allah...

(Wangsit via http://belajar-doang-nih.blogspot.com/)


Blog, Updated at: 7:25 PM

0 comments:

Post a Comment